Diskop.id – Simak, kumpulan contoh soal PPG Kemenag 2023 terbaru dan kunci jawabannya. Contoh soal PPG Kemenag ini bisa dipelajari oleh peserta yang mengikuti USKA-PPG atau Ujian Seleksi Kompetensi Akademik Pendidikan Profesi Guru Daljab (Madrasah dalam Jabatan) 2023.
Kementerian Agama menggelar program PPG yang salah satu tahap awalnya yakni pre test. Pre test ini perlu dilakukan agar dapat mengukur penguasaan tiap materi belajar untuk para calon peserta yang mengikutin program ini.
Dilansir dari laman resmi Kemenag RI, jadwal USKA-PPG ini akan dilaksanakan mulai Jumat, 24 Maret 2023 hingga Minggu, 26 Maret 2023. Pengumuman terkait jadwal seleksi akademik PPG Dalam Jabatan 2022 sudah dirilis oleh Direktorat PPG Kemdikbut lewat laman resmi dan media sosial.
Muhammad Zain selaku Direktur GTK atau Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah berharap, ujian seleksi kompetensi PPG Kemenag 2023 ini bisa menambah kualitas para guru. Bagi para calon peserta yang akan mengikuti USKA-PPG Kemenag 2023, perlu untuk mempersiapkan diri agar bisa menjawab seluruh soal dengan mudah.
Diskop.id akan memberikan kumpulan contoh soal PPG Kemenag 2023 terbaru dan kunci jawabannya. Berikut adalah contoh soal PPG Kemenag 2023 lengkap dengan jawabannya.
Kumpulan Contoh Soal PPG Kemenag 2023 Terbaru dan Jawabannya
1. Pendapat yang menyatakan pengalaman atau pengetahuan yang baru bisa terkait dengan pengetahuan yang lama telah ada di dalam struktur kognitif seseorang. Hal ini merupakan teori belajar…
a. Sibernati
b. Kognitivisme
c. Behaviorisme
d. Konstruktivisme
2. Terdapat teori yang memandang belajar adalah hasil dari pembentukan yang memiliki hubungan antara stimulus (rangsangan dari luas) dan response (balasan dari siswa) yang bisa diamati. Semakin kerap bond (hubungan) antara balasan terjadi dan rangsangan, maka semakin kuat hubungan di antara keduanya (law of exercise). Teori belajar tersebut adalah…
a. Humanistik
b. Kontruktivisme
c. Behaviorisme
d. Sibernetik
3. Tujuan dari pembelajaran yang menggambarkan hasil dan proses belajar yang diharapkan bisa dicapai sesuai dengan kompetensinya oleh peserta didik dimuat dalam…
a. RPP
b. Silabus dan RPP
c. Silabus
d. SKL
4. Dalam proses pembelajaran, siswa dihadapkan dengan situasi ia bebas untuk membuat hipotesis, mengumpulkan data, mencoba-coba, mencari dan menemukan pola, membuktikan benar atau tidak dugaan. Hal tersebut adalah penerapan teori belajar apa…
a. Humanistik
b. Kontruktivisme
c. Behaviorisme
d. Sibernetik
5. Serangkaian kegiatan yang dilakukan secara sistematik untuk bisa menentukan kegunaan atau manfaat dari suatu program atau objek adalah…
a. Penilaian
b. Evaluasi
c. Pengukuran
d. Semua benar
6. Prinsip penilaian yang didasarkan dengan data yang mencerminkan kemampuan yang diukur adalah…
a. Sistematis
b. obyektif
c. Adil
d. Valid
7. Siswa kini dituntut untuk bisa belajar setiap saat dan dapat terjadi di manapun. Kemajuan teknologi memungkinkan siswa untuk belajar dari jarak jauh seperti online. Hal ini sejalan dengan teori belajar…
a. Humanistik
b. Kontruktivisme
c. Behaviorisme
d. Sibernetik
8. Terdapat tiga fungsi utama dalam teknologi informasi dan komunikasi di salam pembelajaran, kecuali…
a. Teknologi sebagai alat bantu dan bahan pembelajaran (literacy)b. Teknologi sebagai science atau ilmu pengetahuan
c. Teknologi digunakan sebagai alat pengembangan produk
d. Teknologi digunakan sebagai alat bantu untuk siswa dalam pembelajaran
9. Gaya belajar siswa yang memiliki kecenderugan belajar berupa mengerjakan tugas atau soal dengan cepat, namun hasilnya banyak kesalahan disebut…
a. Gaya berfikir bebas
b. reflektif
c. impulsive
d. Gaya berfikir terikat
10. Upaya guru dalam membimbing siswa untuk mengembangkan keterampilan di bidang pengetahuan…
a. Melatih untuk membuat keputusan yang diambil dari informasi
b. Memberikan contoh penting tentang toleransi
c. Melatih seperti apa mempersiapkan kesehatan lingkungan sekitar dan kesehatan diri
d. Mendiskusikan seperti apa mengubah permasalahan yang ada di sekitar siswa
11. Kemampuan peserta didik untutk membina kemampuan memotivasi diri dan hubungan masuk dalam kecerdasan…
a. Sosial
b. Moral
c. Kognitif
d. Emosional
12. Kemampuan anak berusia berapakah jika kemampuan berfikirnya untuk mengoperasikan logika namun masih terkait kepada objek bersifat konkrit..
a. 2-7 tahun
b. 7-11/12 tahun
c. 0-2 tahun
d. 11/12-14/15 tahun
13. Upaya guru dalam membimbing siswa untuk mengembangkan keterampilan pengetahuan terlihat dalam..
a. Melatih siswa untuk membuat keputusan yang diambil melalui informasi
b. Memberikan contoh pentingnya toleransi
c. Melatih seperti apa mempersiapkan kesehatan lingkungan sekitar dan diri sendiri
d. Mendiskusikan seperti apa mengubah permasalahan di sekitar siswa
14. Yang menjelaskan terkait makna istilah kognitif yakni…
a. kemampuan untuk berkomunikasi
b. kemampuan untuk berinteraksi
c. kemampuan mengintegrasikan diri sendiri
d. kemampuan dalam memecahkan masalah
15. Upaya guru memakai hasil analisis guna menentukan ketuntasan belajar sebagai berikut..
a. mengklasifikasikan para peserta didik berdasarkan dari hasil capaian belajar
b. merencanakan pengajaran remedy untuk siswa
c. menetukan kriteria dalam keberhasilan belajar
d. mencari letak kesalahan umur dari kriteria keberhasilan
Demikian, contoh soal PPG Kemenag 2023 dan kunci jawaban yang bisa dijadikan sebagai bahan belajar. Semoga membantu, ya.
Baca Juga: