Diskop.id – Simak rumus Excel yang berguna di dunia kerja. Bagi para pekerja yang aktif menggunakan Microsof Excel, tentu saja rumus excel menjadi suatu hal yang cukup penting dan sangat berguna untuk menunjang dunia kerja.
Microsoft Excel merupakan salah satu software pengelolaan data yang paling sering digunakan di dalam dunia kerja. Oleh karena, itu biasanya perusahaan yang ingin melakukan rekrutmen karyawan kerap mencantumkan syarat bagi pelamar untuk menguasai Microsoft Excel.
Banyak sekali yang merasa terbantu dengan adanya Microsoft Excel karena software ini memiliki rumus-rumus yang dapat mempermudah penggunanya untuk melakukan pengelolaan data secara otomatis.
Beberapa kegunaan excel diantaranya ialah dapat melakukan perhitungan dasar seperti penambahan, pengurangan, pembagian, dan perkalian. Selain itu, excel juga dapat digunakan untuk membuat berbagai macam diagram dan grafik.
Tidak hanya melakukan perhitungan dasar, excel juga dapat digunakan untuk melakukan pengelolaan data yang kompleks.
Bagi kalian para pemula yang ingin mempelajari seputar excel khususnya perihal rumus yang sering digunakan dalam dunia kerja, silahkan simak rumus-rumus yang akan diskop.id bagikan di bawah ini.
Sebelum lanjut ke rumus-rumus excel, kalian wajib mengetahui jenis-jenis rumus excel.
Jenis Rumus Excel Berguna di Dunia Kerja
Rumus excel dibagi menjadi dua jenis, yaitu rumus function dan rumus formula. Apa saja perbedaannya?
Rumus Function
Rumus function merupakan template rumus yang telah disediakan oleh pihak Microsoft Excel. Salah satu contoh rumus function, yaitu =AVERAGE(A1:A5)
Rumus Formula
Rumus formula merupakan rumus-rumus excel yang harus di ketik secara manual oleh para pengguna Microsoft Excel. Salah satu contoh rumus formula, yaitu =E2*F2
Di dalam dunia kerja, kedua jenis rumus ini kerap kali digunakan oleh para pekerja. Jika rumus function biasa digunakan untuk mengelola data kompleks atau berskala besar, maka rumus formula biasanya digunakan untuk mengelola data yang jauh lebih sederhana.
Kali ini diskop.id akan memberikan beberapa rumus function yang bisa kalian gunakan untuk mempermudah pekerjaan kalian dalam hal pengelolaan data.
15 Rumus Function Microsoft Excel di Dunia Kerja
SUM
SUM merupakan rumus excel yang berfungsi untuk melakukan penjumlahan data. Rumusnya, yaitu =SUM(cell pertama:cell terakhir)
Contoh: =SUM(A3:A5)
AVERAGE
AVERAGE merupakan rumus excel yang berfungsi untuk menghitung rata-rata nilai dari data yang akan di kelola. Rumusnya, yaitu =AVERAGE(cell pertama:cell terakhir)
Contoh: =AVERAGE(A1:A10)
MIN
MIN merupakan rumus excel yang berfungsi untuk mencari nilai terendah atau terkecil dari data yang dikelola. Rumusnya, yaitu =MIN(cell pertama:cell terakhir)
Contoh: =MIN(A3:A14)
MAX
MAX merupakan rumus excel yang berfungsi untuk mencari nilai tertinggi atau terbesar dari data yang dikelola. Rumusnya, yaitu =MAX(cell pertama:cell terakhir)
Contoh: =MAX(A3:A14)
COUNT
COUNT merupakan rumus excel yang berfungsi untuk menghitung jumlah atau banyaknya sel yang berisikan angka. Rumusnya, yaitu =COUNT(cell pertama:cell terakhir)
Contoh: =COUNT(A3:M3)
COUNTA
COUNTA merupakan rumus excel yang berfungsi untuk menghitung sel yang berisikan apapun selain angka. Rumusnya, yaitu =COUNTA(value1:value2)
Contoh: =COUNTA(A3:P3)
PROPER
PROPER merupakan rumus excel yang berfungsi untuk mengubah huruf kecil menjadi huruf kapital di awal kata. Rumusnya, yaitu =PROPER(klik cell)
Contoh: =PROPER(A3)
LOWER
LOWER merupakan rumus excel yang berfungsi untuk mengubah semua huruf kapital menjadi huruf kecil. Rumusnya, yaitu =LOWER(klik cell)
Contoh: =LOWER(A3)
PRODUCT
PRODUCT merupakan rumus excel yang berfungsi untuk mengalikan angka dari suatu data. Rumusnya, yaitu =PRODUCT(angka 1,angka2)
Contoh: =PRODUCT(C4,C8)
TRIM
TRIM merupakan rumus excel yang berfungsi untuk menghapus spasi berlebih yang terdapat di dalam cell. Rumusnya, yaitu =TRIM(klik cell)
Contoh: =TRIM(A4)
AND
AND merupakan rumus excel yang berfungsi untuk menentukan TRUE/FALSE pada data yang terdaat di dalam cell dan harus memenuhi semua kriteria pada rumus logika. Rumusnya, yaitu =AND(logika1;logika2)
Contoh: (B1>65;B1<100)
POWER
POWER merupakan rumus excel yang berfungsi untuk menghitung bilangan pangkat. Rumusnya, yaitu =POWER(angka;pangkat)
Contoh: =POWER(A4;B3)
CHOOSE
CHOOSE merupakan rumus excel yang berfungsi untuk memilih serta menampilkan nilai dari daftar nilai yang ada. Rumusnya, yaitu =CHOOSE(nilai 1, nilai, 2, nilai 3)
Contoh : =CHOOSE(index_num, value 1, value 2, value 3)
SQRT
SQRT merupakan rumus excel yang berfungsi untuk menghasilkan nilai akar kuadrat dari bilangan yang terdapat di dalam cell. Rumusnya, yaitu =SQRT(nilai)
Contoh: =SQRT(169)
CEILING
CEILING merupakan rumus excel yang berfungsi untuk membulatkan angka ke atas kelipatan bulat terdekat. Rumusnya, yaitu =CEILING(nilai;10)
Contoh: =CEILING(B3;10)
Itu dia beberapa rumus excel penitng yang berguna di dunia kerja. Rumus Excel bisa mempermudah kalian dalam melakukan pengelolaan data. Semoga bermanfaat dan membantu, ya!
Baca Juga: